Kamis, 20 Desember 2018

Cara Membuat Kata Kunci SEO On Page

Membuat Kata Kunci SEO On Page
SEO On page adalah faktor-faktor yang menentukan teroptimasi atau tidaknya website anda terhadap mesin pencari dilihat dari dalam websitenya sendiri. Artinya, anda akan melakukan optimasi di dalam website anda sendiri. Optimasi on-page bertujuan agar mesin pencari mengetahui apakah website anda memang relevan/sesuai dengan apa yang dicari oleh user. Dan benar-benar yang memiliki kualitas terbaik.

Oleh karena itu, 2 hal: relevan, kualitas. Tanpa memenuhi keduanya, mustahil bisa mendapatkan peringkat 1 di mesin pencari. Dalam artikel ini, kita akan mempelajari di bagian-bagian mana saja dalam website anda harus menerapkan optimasi on-page serta bagaimana melakukan optimasinya.

Konsep SEO on-page

Dalam SEO, konsep optimasi on-page adalah hal UTAMA yang harus anda pahami. Masih ada kategori optimasi lain selain on-page (off-page, dibahas dalam bab selanjutnya), tapi tanpa menerapkan optimasi on page maka akan percuma anda melakukan strategi lainnya.

Inti dari on-page SEO sederhana anda akan mengoptimasi website supaya:
  • Bermanfaat tinggi bagi pengunjung
  • Memudahkan pengunjung dalam melakukan eksplorasi
  • Pengunjung merasa betah di dalamnya
  • Mesin pencari mengerti struktur website anda
Pengertian SEO On Page dan SEO Off Page - Sebelumnya saya telah menjelaskan mengenai "Pengertian SEO (Search Engine Optimization)". Kali ini saya akan menjelaskan mengenai 2 Jenis Teknik SEO, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Kedua teknik ini harus dilakukan khususnya bagi pemilik website bisnis online. Dan bila kedua teknik ini dilakukan dengan benar, dipastikan website bisnis online akan lebih maksimal kinerjanya.


SEO ON PAGE
Merupakan Optimisasi SEO yang dilakukan dari dalam website. Ada berbagai cara dapat dilakukan untuk Optimisasi SEO Onpage, yaitu:
  • URL Domain : sebelum membuat sebuah website penting untuk menganalisa terlebih dahulu website yang akan dibangun. Kemudian tujuan website harus sudah jelas arahnya sesuai dengan URL Domain yang telah ditetapkan. Karena dasar utama agar website terus meningkat kinerjanya dimulai dari pemilihan URL Domain. Bila berhubungan dengan peningkatan Keyword, perlu memperhitungkan URL Domain yang sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan. Jika URL Website sudah sesuai dengan target keyword, maka kita sudah siap untuk berkompetisi dengan lebih mudah pada keyword tersebut. Hindari untuk menggunakan domain dengan tanda Hyphens(-) dan hindari penggunaan angka di dalam URL Domain. Salah satu contoh website ini memiliki URL Domain www.seogereggi.com, maka secara tidak langsung saya sudah ikut berkompetisi dalam membangun atau meningkatkan keyword: SEO Gereggi, SEO, dan Gereggi.
  • Template: kita harus membangun atau memilih template SEO Friendly untuk blog atau website. Sekarang ini sudah banyak template premium gratis yang memiliki struktur SEO Friendly. Namun bila ingin membangun sendiri template yang SEO Friendly, pastikan mengetahui elemen-elemen yang berdampak untuk menjadikan website kita masuk dalam kategori SEO Friendly.
  • Tag Judul : merupakan elemen penting untuk mendefinisikan isi posting. Tag Judul sering digunakan oleh Search Engine Google untuk ditampilkan pada halaman hasil pencaharian. Sebaiknya Tag Judul memiliki panjang 50-60 karakter. Bila memiliki banyak Tag Judul dibawah 55 karakter, maka setidaknya 95% dari judul artikel akan di tampilkan dengan benar di halaman hasil pencaharian. Salah satu hal yang penting adalah biasakan untuk memasukkan kata kunci yang relevan di Tag Judul. Berikut ini referensi pembelajaran Tag Judul ( W3Shools HTML Tag Judul | Moz HTML Tag Judul | W3 HTML Tag Judul ).

Komponen Halaman Website yang Optimal

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna website. Kita akan bahas satu per satu dari setiap kategori berikut:

1. Konten dengan kualitas terbaik

Kalau anda perhatikan, konten adalah komponen utama dalam halaman website. Artinya, konten memegang peranan terbesar dalam optimasi on-page. Mustahil mendapatkan peringkat 1 tanpa punya konten berkualitas. tapi, apa itu konten berkualitas?

Inilah ciri-cirinya:
  • Memberikan manfaat maksimum bagi pengunjung
  • Lebih menonjol dibandingkan konten lain yang sejenis
  • Disimak dalam waktu panjang oleh pengunjung
  • Membangkitkan perasaan (kagum, terhibur, bahagia, dll.)
  • Menyelesaikan permasalahan pengunjung
  • Itulah 5 kriteria konten berkualitas.

Kalau anda ingin mendapatkan peringkat 1 di mesin pencari dalam durasi yang lama, maka konten anda sebaiknya memenuhi kelima hal itu.

Tanpa terkecuali.

Perlu anda ketahui juga kalau Google secara terang-terangan menyatakan bahwa mereka menentang konten yang:
  • Kurus (thin), dengan kata lain tidak berbobot
  • Tidak memberikan nilai tambah bagi pembaca
  • Tidak original
  • Membuat pembaca frustrasi (karena kualitasnya rendah)
  • Kalau konten anda masuk ke dalam salah satu kategori di atas, maka akan sangat sulit mendapatkan peringkat yang tinggi.
Parahnya, konten seperti itu beresiko penalti!

Google dan mesin pencari lain secara aktif memperbaharui algoritma-nya. Semakin ke depan, mereka akan semakin memahami kualitas dari sebuah konten.

Maka, berhati-hatilah dalam menerbitkan konten bagi website anda.

2. Keyword yang populer dan tepat sasaran

Coba ingat kembali terakhir kali ketika anda menggunakan Google…anda menulis beberapa kata sebagai keyword-nya. Kemudian Google menampilkan hasil yang berkaitan dengan keyword tadi.

Semakin relevan dengan keyword, semakin tinggi peringkatnya. Jadi, mengoptimasi halaman berarti mengoptimasi keyword. Setiap halaman di website anda harus dioptimasi paling tidak untuk 1 kata kunci.

Caranya?

Dengan menyertakan keyword dalam halaman website anda. Tepatnya di dalam konten, di judul, dan di URL. Dengan demikian, mesin pencari dan pengunjung akan langsung memahami apa isi dari halaman website anda.

Satu hal lagi…

Anda harus memahami apa maksud di balik sebuah keyword. Misalnya seseorang melakukan pencarian di Google dengan kata kunci “beli iphone”.

Kira-kira apa maksudnya?

Apakah dia ingin membeli iPhone ataukah dia ingin membaca artikel tentang cara membeli iPhone? Hmm…sepertinya yang pertama lebih masuk akal.

Google juga paham dengan hal ini. Sehingga Google akan menampilkan halaman yang menjual iPhone. Maka dari itu, mustahil bisa mendapatkan peringkat tinggi apabila anda menyediakan artikel tentang cara membeli iPhone.

3. Judul halaman yang mengundang klik

Cara termudah untuk mengoptimasi judul yaitu dengan menyertakan keyword utama yang anda incar. Misalnya keyword “belajar SEO”, maka judulnya mengandung kata “belajar SEO”.

Tapi itu saja belum cukup yang terpenting dalam judul bukan optimasi keyword, tapi optimasi terhadap ketertarikan manusia. Apabila judul yang anda buat mampu menarik banyak pengunjung, maka peringkatnya akan naik.

Logikanya begini:

Misalkan ada 2 website yang bersaing, di peringkat 1 dan 2.

Ternyata peringkat 2 lebih banyak mendapatkan pengunjung daripada peringkat 1…karena judul yang dia buat lebih menarik, sehingga banyak yang klik. Peringkat dan jumlah klik Google ingin mengutamakan hasil terbaik, maka website di peringkat 2 akan dinaikkan ke peringkat pertama.

Masuk akal?

Karena judul adalah elemen halaman yang paling pertama dibaca di hasil pencarian, maka dengan mengoptimasi judul jumlah klik bisa bertambah.

Baca panduan ini untuk belajar membuat judul yang menarik.

4. URL yang singkat dan deskriptif

Meskipun pengaruhnya tidak besar, tapi URL yang mengandung keyword dapat mempengaruhi peringkat website anda di hasil pencarian.

URL yang bagus selalu relevan dengan apa isi dari halaman tersebut.

Contohnya:

Halaman tentang ‘resep bakso’ > domain.com/resep-bakso/
Halaman produk ‘macbook pro’ > domain.com/laptop/macbook-pro/
Buatlah URL yang mendeskripsikan konten, lebih baik lagi kalau mengandung keyword utama.

5. Meta description yang deskriptif dan mengundang klik

Meta description adalah 1-2 kalimat yang muncul dalam hasil pencarian:

SERP

Meta description sebetulnya tidak mempengaruhi rangking halaman anda.

Selain itu, juga tidak selalu muncul di hasil pencarian. Karena Google sekarang lebih sering menggunakan kalimat di dalam konten sebagai deskripsi halaman. Meskipun demikian, tidak ada salahnya bagian ini dioptimasi.

(Lagipula tidak memakan waktu lama)

Dengan meta description yang menarik, maka kemungkinan orang lain untuk mengunjungi website anda akan semakin tinggi. Seperti logika tadi, semakin banyak klik dari manusia = semakin baik peringkatnya.

6. Gambar berkualitas tinggi dan berukuran optimal

Bayangkan sebuah halaman website yang 100% isinya teks, pasti sangat membosankan. Maka dari itu, gambar dan/atau video merupakan nilai tambah.

Anehnya, banyak yang beranggapan gambar justru merugikan tidak benar. Tidak ada kerugian dalam menggunakan multimedia dalam konten. Kecuali, apabila jumlahnya sangat banyak sehingga membuat komputer pengunjung website anda macet. Atau apabila tidak ada kaitannya dengan konten.

Beberapa tips:
  • Gunakan gambar yang berhubungan dan menjelaskan konten
  • Gunakan tipe ekstensi yang tepat agar ukuran file tidak membengkak
  • Pastikan resolusi gambar sesuai dengan yang ditampilkan
  • Kompres gambar supaya optimal
  • Tambahkan atribut alt ketika meletakkan gambar
semoga bermanfaat terimaksih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar